Friday 13 March 2009

Pleno KPUD, Kotamobagu Ricuh

Kotamobagu, HARIAN KOMENTAR
Rapat pleno KPUD KK hasil penghitungan suara Pemilu Le-gislatif 2009 berbuntut Kotamo-bagu ricuh. Ratusan warga be-runjuk rasa memprotes keputu-san pleno tersebut. Warga dan polisi pun terlibat bentrok di Ja-lan Adampe Dolot, Kamis (12/03).
Adu fisik dan aksi pelemparan terhadap puluhan aparat Polres Bolmong tersebut merupakan simulasi yang dilakoni jajaran Polres Bolmong dan Brimobda guna mengamankan Pemilu 9 April mendatang. 
Mulanya, warga yang berdata-ngan dari arah Utara dan Sela-tan, yang pro dan kontra terha-dap hasil keputusan KPUD KK, bertemu pada satu titik di ruas Jalan Adampe Dolot, tepatnya di persimpangan jalan depan Bank Mandiri Kotamobagu. Mengaki-batkan, adu mulut dan aksi lempar massa akhirnya tak terelakkan lagi. Hingga aparat pun turun mengamankan pihak yang bertikai. 
Tidak lama berselang, justru pengamanan aparat tidak berhasil malah kondisinya makin tak ter-kendali dan tambah ricuh. Ditam-bah lagi, puluhan massa mulai berdatangan dari arah barat sambil melakukan pelemparan dan menuju lokasi kericuhan ter-sebut bermula.
“Keputusan KPUD tidak sah dan pemilu harus diulang,” teriak massa dari arah barat.
Situasi semakin tidak terkendali, hingga Polres Bolmong menurun-kan kembali satuan Brimob, juga aparat dari Samapta sebanyak satu pleton. Bunyi tembakan mulai digencarkan untuk membubarkan massa. Satu unit mobil water cannon pun diturunkan me-nyemprot massa hingga massa terpencar dan berlarian meng-hindar.
Menariknya lagi, dalam aksi-nya itu, seorang warga yang belum menyadari aksi simulasi itu, tiba-tiba menyusup ke dalam barisan dan berupaya memisah-kan ‘bentrok’ masing-masing simpatisan, yang merupakan bentuk aksi yang sudah diran-cang untuk menghadapi pemilu jika ricuh. Namun, akhirnya oleh aparat ditarik keluar dari ka-wasan simulasi tersebut. 
Kapolres Bolmong AKBP Zet Lumowa ketika dikonfirmasi mengatakan, simulasi ini meru-pakan terakhir, setelah pelaksa-naan Rabu lalu di Lapangan Kotamobagu. “Kami siap me-ngamankan Pemilu 2009 di Bolmong bersatu,” kata Lumowa kepada wartawan.(fai)


Sumber: Harian Komentar, 13 Maret 2009

No comments: